UPZ PENDIS: Salurkan Dana Kepada Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Bali


Pemuteran- Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kementerian Pendidikan Islam (PENDIS) Kementerian Agama Kabupaten Buleleng kembali melaksanakan penyaluran zakat yang Ke-tiga kalinya tepatnya pada Rabu 27 Juli 2022 di Ruangan kelas XI Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Bali.

Adapun sumber dana dari penyaluran zakat yakni dari zakat profesi ASN. Pendis, Kemenag Kabupaten Buleleng yg dipotong setiap bulan sebesar 2,5 persen, sedangkan waktu penyalurannya dilaksanakan setiap tiga bulan.


Bapak Ahsanuddin, sebagai ketua UPZ PENDIS mengungkapkan bahwa tidak ada syarat pemberkasan terkait penerimaan zakat. Karena Pendis langsung berkoordinasi dengan kepala sekolah, sehingga kepala sekolah yang memilih guru-guru dan siswa-siswa yang berhak menerima Zakat tersebut. Sedangkan syarat umum yang dapat memperoleh saluran zakat tersebut merupakan guru yang tidak sertifikasi dengan perekonomian di bawah rata-rata dan siswa kelas akhir yang tergolong dari keluarga kurang mampu.

Adapun target jumlah tiap 3 bulan dari penerima zakat yaitu 20 guru dan 20 siswa. Adapun pemberian zakat se-kabupaten Buleleng ini untuk pusat ngumpul Buleleng barat di Kantor Kementerian Agama Singaraja, pusat daerah tengah di MI ta'riful Fu'ad Celukan Bawang dan untuk daerah barat di Madrasah Nurul Jadid Bali" tegasnya

Ia juga menambahkan bahwa pemberian dana ini sebagai bentuk perhatian Guru kepada siswa supaya siswa di beri kemudahan dalam sekolahnya dan bisa memberikan keringanan kepada anak dan orang tua. Tegasnya


Sementara salah seorang guru penerima zakat mengatakan, dana ini lumayan cukup sebagai tambahan untuk anak saya yang baru masuk sekolah dasar tahun ini. Ujar ibu Siti panggilan sapaan akrabnya.

Berbeda dengan tanggapan Siswa Mts Nurul Jadid Bali, Kalimullah. Ia mengakui Sangat senang bisa mendapatkan uang saku, lebih-lebih ada tambahan untuk uang makan dan jajan tiap bulan di pondok.

Penulis : Siti Waqiatul Hasanah

Posting Komentar

0 Komentar