Belajar Demokrasi Sejak Dini, Pemilihan Ketua OSIS MTs Nurul Jadid Bali Resmi Digelar


Pemuteran - Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid (MTs NJ) Bali mengadakan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2022-2023 yang bertempat di depan kelas MTs NJ Bali, Sabtu, 6 Juli 2022.

 Kafiyatun Hasya, Pembina OSIS MTs NJ Bali mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan setiap tahun ajaran baru guna menjalankan proses kaderisasi yang lebih baik. Adapun prosedur pemilihan yakni dengan pencoblosan surat suara dikolom paslon.

 Dalam perhelatan pemilihan tersebut, terdapat tiga calon yang yang beriktikad untuk memimpin OSIS kedepannya selama satu periode. Mereka adalah Mohammad Rizki Ali (nomor urut 1), Dayana Maisya (nomor urut 2), dan Syaatul Salsabila (nomor urut 3). Menurut Neng Kafi, sapaan akrab pembina OSIS, para siswa harus memilih para calon dengan kemurnian hati dan memperhatikan track record nya.

 “Supaya bertanggung jawab dalam menjalankan amanahnya,” paparnya.

 Pelaksanaan pemilihan cukup menegangkan, terutama ketika proses penghitungan suara. Perolehan suara terbanyak secara sah berhak untuk menjadi dan meneruskan kepemimpinan di OSIS MTs NJ Bali. Adapun suara terbanyak dimenangkan oleh calon nomor dua, yakni 70 suara. Sedangkan nomor urut satu mendapatkan 38 suara, dan nomor urut tiga berhasil meraup 45 suara.

 Dayana Maisya, ketua terpilih OSIS MTs NJ Bali dalam orasi kemenangannya menyampaikan, bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan kreativitas, memberikan ruang kepada para siswa untuk menyalurkan potensinya melalui kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler.

“Kami kana berusaha mengoptimalkan kemampuan siswa, baik yang terlihat maupun yag masih terpendam dengan ruang-ruang belajar, baik akademik maupun non akademik,” tegas perempuan kelahiran Malang itu.

Hadir dalam acara tersebut, Hisbullah Huda, S.Sy., Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid Bali, mengapresiasi adanya perhelatan pemilihan Ketua OSIS. Menurut Hisbullah, kegiatan ini merupakan wujud nyata dalam penanaman demokrasi sejak dini.

"Jadikan pemilihan Ketua OSIS ini sebagai sarana untuk melatih berdemokrasi, sehingga nantinya terbiasa dengan alam demokrasi yang ada di negara ini," pungkasnya.

Penulis : Siti Waqiatul Hasanah

Posting Komentar

0 Komentar