Keistimewaan Otak Perempuan

Kebanyakan orang memandang rendah hakikat kepribadian perempuan dan hanya menganggap laki-laki sebagai orang yang paling baik dan mampu dalam segala hal. Sehingga tak sedikit masyarakat yang menyepelekan kemampuan perempuan dan menge-capnya sebagai second person di dunia. Padahal sesungguhnya Allah menciptakan manusia, baik laki-laki maupun perempuan dalam suatu derajat yang sama. Memang dalam beberapa sisi keduanya memiliki perbedaan tertentu, akan tetapi yang berbeda Disni bukanlah tingkatannya, tapi lebih ke ciri khasnya sebagai laki-laki ataupun perempuan. Maka, demi membuka cakrawala berpikir kita mengenai pandangan stereotip bahwa perempuan lebih rendah dari pada laki- laki. Penulis di sini akan memaparkan berbagai fakta-fakta dan keistimewaan seorang perempuan pada umumnya.

Berdasarkan studi dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Tomography) dan PET (Position Emossion Tomography) memaparkan bahwa otak manusiawi yang ada di bumi berbeda satu sama lain. Namun, pembahasan yang menjadi titik fokus utama di sini adalah mengenai otak perempuan, yang mana terdapat banyak rahasia yang bisa disimpan oleh satu orang perempuan di dalam otaknya. Diantaranya;

Pertama, Corpus Callosum, yakni penghubung jaringan antar bagian otak. Rata-rata bagian ini terdapat pada otak perempuan lebih besar dari pada laki-laki hingga 25% pada saat Akil balig.

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa perempuan cenderung menggunakan kedua sisi otak kanan dan kirinya untuk memecahkan suatu masalah. Dan jangan heran pula  jikalau perempuan lebih cakap dalam berbahasa, karena Corpus Callosum pada perempuan tersebut sudah terhubung lebih awal sejak ia masih berada di dalam kandungan. Kelebihan dalam organ ini dapat kita lihat dalam sosok artis cantik yang tengah mendunia, yaitu Cinta Laura. Artis Blasteran ini terkenal dengan cara bicaranya yang khas dan dapat menarik perhatian masyarakat. Cinta juga terkenal dengan kepintarannya. Dia sudah meraih Double Degree, yaitu jurusan psikologi dan sastra Jerman di universitas Columbia di usinya yang masih 21 tahun.dan dengan IPK cum laude 3,9 dia mendapatkan beasiswa S2 Marshal dan Rhodes Scholarship di Universitas Oxford dan S2 Gates Cambridge di universitas Cambridge.


https://images.app.goo.gl/J5nxvnDonbkq2NNZ9

Kedua, memiliki hippocampus nataubarea penyimpanan memori dalam otak yang lebih besar. Bagian ini memungkinkan cara kerja otak perempuan memiliki keunikan, yakni dapat menyimpan informasi ke dalam laci pikirannya dengan cara menyangkutkannya pada emosi, yang mana pada bagian otaknya di sebut Gyrus cingulate akan lebih aktif hingga memori yang tersimpan akan cepat muncul. Jadi, jangan heran jika perempuan pandai dalam mengingat segala hal.

Salah satu buktinya adalah kedahsyatan Aisyah Binti Abu Bakar yang masih muda, waktu itu ia memiliki kemampuan yang luar biasa. Sehingga dapat menyesuaikan diri dengan tugas baru yang diembannya. Aisyah Terkenal sebagai sosok yang cerdas dan setia, ia diakui sebagai perawi hadits yang paling murni sejagat raya. Ia dianugerahi ingatan yang sangat tajam dan mampu mengingat segala pertanyaan yang di ajukan para tamu wanita nabi.

Ketiga, memiliki konektor lebih kuat dalam lobus satu bagian dari otak. Bagian ini sangat menguntungkan bagi perempuan dalam mengerjakan tugas-tugas tertulis melalui konektor ini, dan tidak menutup kemungkinan seorang perempuan juga mempunyai kemampuan mendengar dan membedakan suatu suara dengan baik. Hal ini dibuktikan dalam suatu penelitian byang yang dilakukan oleh university body Texas terhadap anak perempuan dan laki-laki berusia satu tahun. Mereka memperlihatkan perbedaan keinginan dan kemampuan mengamati. Dari hasil penelitian tersebut diungkap bahwa perempuan mempunyai kemampuan yang jauh.lebih baik dalam membaca wajah dan mendengarkan kisaran frekuensi suara manusia. Hal ini disebabkan oleh otak perempuan tidak terendam testosteron dalam rahim dan pusat-pusat komunikasi serta emosi mereka tetap utuh.

Berbagai kelebihan otak perempuan merupakan anugerah dari Allah SWT, yang membuktikan bahwa perempuan juga memiliki kemampuan yang patut diacungkan jempol, ingatlah! Anugerah ini adalah Ciptaan Allah, dan setiap apa yang di ciptakan-Nya memiliki tujuan. Dan tujuan yang paling utama dalam hidup manusia hanyalah menyembah pada Allah seperti yang ada pada firmannya. "Aku tidak menciptakan manusia dan jin melainkan supaya mereka menyembahku" (Q.S Adz-dzariyat:56) Kita sebagai makhluk yang diciptakan paling sempurna diantara segala ciptaan Allah mestinya membuang jauh-jauh pikiran kolot mengenai stereotip bahwa perempuan merupakan second person di dunia. Kita harus juga bisa memanfaatkan anugerah yang telah diciptakan-Nya dengan sebaik-baiknya agar kita bisa mendapatkan suatu keberkahan. Wallahua'lam.

Penulis : Siti Waqiatul Hasanah. Mahasiswa Universitas Nurul Jadid, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Posting Komentar

0 Komentar