Tes Seleksi Santri Baru Ponpes Nurul Jadid Bali


Pemuteran - semangat serta kepercayaan diri santri baru tergambar pada raut wajah mereka, tanpa rasa ragu untuk mengikuti tes seleksi santri baru dan dengan optimis mereka yakin akan lulus pada tes bersama ini.

Tercatat, 35 santri yang mengikuti tes seleksi santri baru, 21 Santri Putri dan 14 santri putra. Tes penyeleksian ini di laksanakan di Aula PP. Nurul Jadid Bali. Adapun Tes penyeleksian santri putra di mulai dari pukul 08:00 sampai 11:40 WITA sedangkan pelaksanaan tes seleksi santri putri dari pukul 13:00 sampai 16:00 WITA. (2/7/2022)


Tes seleksi masuk tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, tes lebih efisien di tahun. di mulai dengan tes tulisan pegon, tes furudhul 'ainiyah dan tes membaca Al Qur'an. Apabila ada santri yang masih kurang fasih membaca Al Qur'an maka penguji langsung mempraktekkan ke Ngaji Iqro'.


Menurut panitia pelaksana Penerimaan Santri Baru (PSB) Saatul Rohmah, menyampaikan ada dua tujuan dalam penyeleksian ini yakni untuk penentuan kelas diniyah dan pengelompokan bagi santri yang sudah fasih membaca Al Qur'an dan santri yang belom fasih Al-Qur'an yang harus merintis dari bacaan buku Iqro'.


"Alhamdulillah tes penyeleksian kali ini tidak ada hambatan dan berjalan dengan lancar. Setelah penyeleksian ini saya mengaharap santri bisa bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu agamanya terutama bacaan Al Qurannya, karena tidak dapat di pungkiri yang namanya santri harus fasih membaca Al Qur'an. Terutama di pesantren ini, yang lebih fokus ke Tahfidzul Qur'an". Ujar Nafila Laili, salah satu pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid Bali.

Penulis : Siti Waqiatul Hasanah

Posting Komentar

0 Komentar